Sabtu, 29 Agustus 2009

Media tanam Anturium




Anthurium disukai hobiis karena keindahan warna serta variasi bunga dan daun yang beragam. Oleh karenanya Anthurium dikelompokkan menjadi 2 golongan, yaitu anthurium daun dan dan anthurium bunga. Keduanya sering digunakan sebagai tanaman hias indoor.

Anthurium daun terkenal karena memiliki daun yang indah. Sebenarnya anthurium daun juga menghasilkan bunga, tetapi kemunculan bunganya cenderung memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, bentuk dan warna bunganya pun kurang menarik. Sementara daya tarik anthurium bunga terletak pada seludang dan tongkol bunganya. Warna seludang bunga yang bervariasi dan penampilannya yang mengkilap serta unik menjadikan anthurium bunga juga banyak digemari hobiis.

Kondisi lingkungan tumbuh yang memadai merupakan kunci keberhasilan pada budidaya anthurium. Anthurium membutuhkan cahaya 30 - 60%, suhu 14 - 28 derajat Celcius, kelembabab 80 - 90% dan ketinggian tempat 600-1,400 m dpl. Proses pembungaan pada anthurium bunga membutuhkan perbedaan temperatur yang tinggi antara siang dan malam.

Sebagai tanaman hias indoor, sebaiknya anthurium diletakkan di tempat yang sejuk dan memiliki naungan, terutama anthurium daun. Jika terpapar sinar matahari langsung, daun-daun anthurium akan mudah hangus atau terbakar (sunbum) yang ditandai dengan menguningnya daun seperti terbakar.

Syarat Media Tanam :
Pada umumnya, media tanam anthurium tidaklah sulit, asalkan media tanam tersebut bersifat porous dan subur. Selain itu, media tanam yang baik untuk pertumbuhan tanaman anthurium juga harus banyak mengandung bahan organik, bebas hama dan penyakit, memiliki aerasi dan drainase baik, serta pH sekitar 5,5 - 6,5.

Jenis Media Tanam :
Untuk memperoleh kondisi yang ideal, sebaiknya media tanam yang digunakan untuk menanam anthurium merupakan campuran bahan organik dan bahan lainnya. Bahan organik dapat berupa pupuk kandang, kompos, humus, cacahan batang pakis, serutan kayu, dan arang. Sementara bahan yang lain bisa digunakan berupa tanah dan pasir.

Ragam Formula :
Media tanam yang sering digunakan untuk menanam anthirum : Sekam bakar, Cacahan pakis, Pupuk kandang, Moss, Humus daun pakis, Pasir malang.
Formula 1 : Sekam bakar : Cacahan pakis (4 : 1)
Formula 2 : Sekam bakar : Pupuk Kandang (1 : 1)
Formula 3 : Cacahan pakis : Moss (1 : 1)
Formula 4 : Cacahan pakis : Pupuk Kandang : Humus daun pakis (1 : 1 : 1)
Formula 5 : Pupuk kandang : Humus daun pakis : Pasir malang (5 : 5 : 2).

Dikutif dari : http://www.naturalnusantara.co.id/indek_7_1_1.php?id=29

Untuk pemupukan bisa menggunakan SUPER NASA yang dikocorkan ke media tanam, juga POC NASA dicampur HORMONIK untuk penyemprotan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar